Beli Online | Klaim Online

3 Alasan Kita Wajib Punya Tabung Pemadam Kebakaran di Rumah


Perlindungan | 22 March, 2021

Alternate Text

Ada bermacam hal yang menjadi penyebab kebakaran, terutama di rumah. Bisa jadi karena korsleting listrik, nyala kompor, hingga akibat dari puntung rokok dapat menghanguskan sebagian bahkan seluruh bangunan rumah. Sebagian kelalaian ini seringkali mengakibatkan kerugian berjumlah luar biasa.

Hal seperti ini tentunya tidak akan terjadi berulang jika sudah menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di rumah. Saat sumber api muncul, kita bisa langsung sigap mengangkat tabung pemadam dan semprot sumber api sampai padam, sebelum kebakaran semakin meluas.

Ada alasan mengapa Anda wajib punya tabung pemadam api di rumah:

  • Langkah Penanganan Pertama

Siapa yang tidak panik melihat percikan api di dalam rumah? Tentunya semua orang tidak ingin hal ini terjadi, ya. Namun alat pemadam api dapat membantu Anda sebagai langkah penanganan pertama saat terjadi kebakaran, sebelum menghubungi Pemadam Kebakaran untuk bantuan lebih besar.

  • Mencegah Api Membesar

Jika Anda lebih awal mengetahui sumber kebakaran, api dapat segera dipadamkan menggunakan alat pemadam api portable. Letakkan tabung pada lokasi yang mudah dijangkau supaya Anda bisa sigap meraihnya saat terjadi percikan api. Jika sumber api sudah dapat dipadamkan, maka kebakaran dapat dicegah lebih cepat.

  • Membuat Akses Jalan Keluar Saat Terjadi Kebakaran Besar

Jika memang api sudah menjalar menjadi kebakaran besar, Anda bisa gunakan alat ini untuk membuka akses jalan keluar. Caranya? Semprotkan ke arah depan langkah Anda, dan segera ikuti jalurnya untuk keluar dari dalam ruangan.

 

Untuk pengamanan di rumah, jenis APAR apa yang harus kita punya?

Setidaknya ada 3 jenis material APAR yang direkomendasikan untuk penanganan di rumah:

  • Pemadam Api Busa

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berisi cairan busa AFFF untuk memadamkan api pada benda padat. Contohnya kain, kertas, dan juga kayu. Perlu diingat, material busa AFFF hanya digunakan untuk jenis kebakaran ringan saja ya, dan sangat dilarang untuk digunakan pada kebakaran yang disebabkan oleh listrik, karena busa AFFF bersifat menghantarkan listrik.

 

  • Halon Free

Fungsi halon free dapat mengatasi semua jenis kebakaran lebih besar, yang diakibatkan oleh jenis kebakaran apa pun. Zat halon free bersifat tidak menghantarkan listrik, sehingga jenis ini sangat direkomendasikan untuk menanggulangi risiko terjadinya korsleting arus listrik. Selain itu, jenis pemadam ini tidak meninggalkan kotoran sisa saat digunakan.

 

  • Pemadam Api Ringan CO2

Pemadam api jenis ini memiliki karakteristik mirip dengan halon-free, sehingga baik digunakan di rumah untuk menanggulangi korsleting listrik. Selain itu, APAR CO2 juga baik untuk memadamkan kebakaran akibat reaksi berantai yang bersumber dari cairan atau gas yang mudah terbakar.

Mengingat pentingnya fungsi APAR, tentunya tidak ada lagi alasan untuk menunda membeli alat ini. Satu hal yang terpenting adalah tempatkan di lokasi yang mudah dijangkau, serta lakukan pengecekan secara berkala supaya selalu dalam kondisi siap pakai.

Satu hal penting untuk menjaga rumah dari kerugian akibat kebakaran adalah melalui Asuransi Property, manfaatnya pertanggungjawaban dari kerusakan akibat kebakaran, tindak kejahatan, hingga bencana alam. Pastikan rumah Anda sudah mendapat perlindungan penuh, ya!

Artikel Terkait


By Admin | 30 June, 2021

Cara Ampuh Mengusir Tikus Dari Kap Mesin Mobil

Read More

By Admin | 06 May, 2021

Premi MURAH, Manfaat BERLIMPAH

Read More