Beli Online | Klaim Online

Manfaat Penting Asuransi Kesehatan Buat Kamu


Kesehatan | 02 November, 2020

Alternate Text

Siapa yang tidak mau sehat? Kesehatan adalah harta tak ternilai, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan semua aktifitas tanpa kendala. Atas alasan ini, tidak ada orang yang mau atau merencanakan untuk sakit.

Namun terkadang sakit bisa datang kapan saja, tanpa direncanakan. Nah, kalau sudah sakit, cara penyembuhannya pun beragam. Kalau gejala ringan seperti flu, mengonsumsi vitamin yang cukup dan obat yang dijual di pasaran juga pasti sembuh. Tapi, untuk beberapa gejala yang memerlukan perawatan intensif di rumah sakit, tentu akan ada banyak hal yang harus dipikirkan terutama soal biaya. Betul, biaya perawatan medis di rumah sakit terbilang tidak murah. Nah, di sini lah asuransi kesehatan memegang peran penting untuk meringankan beban finansial kamu.

Asuransi kesehatan adalah perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi untuk memproteksi nasabahnya dari risiko gangguan kesehatan yang muncul di kemudian hari. Sistem pertanggungan yang diberikan adalah jaminan biaya medis oleh perusahaan asuransi terkait. Sehingga, kalau kamu sudah menjadi nasabah suatu produk asuransi kesehatan, maka biaya perawatan rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Tidak Perlu Khawatir dengan Biaya Rumah Sakit

Jika sudah memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya perawatan. Apalagi khawatir akan menguras rekening tabungan, karena asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatanmu selama di rumah sakit.

Ini adalah manfaat utama mengapa kamu harus memiliki asuransi kesehatan pribadi, sebagai persiapan saat sakit mendadak datang. Kamu bisa lebih fokus menjalani perawatan dan pengobatan sampai sembuh.

Beda halnya kalau kamu belum punya asuransi kesehatan. Sebelum memutuskan dirawat di rumah sakit, tentu akan memikirkan berapa uang tabungan yang dimiliki dan kira-kira berapa biaya perawatan yang akan dikeluarkan selama di rumah sakit. Padahal, kunci kesembuhan adalah pikiran yang tenang, bukan kepala yang stres.

Pencegahan Terhadap Penyakit

Asuransi kesehatan tidak hanya menawarkan biaya perawatan saat sakit saja, namun beberapa produk asuransi kesehatan menawarkan fasilitas pencegahan penyakit seperti imunisasi. Ada juga yang menawarkan skrining kanker untuk deteksi dini sebagai pencegahan dari penyakit kanker.

Bagaimana caranya mengetahui apakah saya berhak mendapat fasilitas ini?

Pastikan kamu melihat polis asuransi kesehatan yang sudah diterima, ya. Sekali lagi, tidak semua produk asuransi menawarkan ini. Jadi, kamu bisa cek kembali dari perjanjian polis, atau tanyakan ke agen asuransi apakah bisa menambahkan fasilitas ini.

 Jenis Perawatan Akan Lebih Beragam

Setiap produk asuransi kesehatan memiliki benefit perawatan masing-masing, yang disesuaikan dengan isi perjanjian dalam polis. Secara umum, asuransi kesehatan memiliki ragam manfaat perawatan sebagai berikut:

  • Rawat inap di rumah sakit.
  • Rawat jalan, yang meliputi biaya konsultasi dokter umum, dokter spesialis hingga pemeriksaan laboratorium.
  • Biaya obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  • Perawatan gigi, misalnya tambal gigi, membersihkan karang gigi dan cabut gigi. Namun, untuk perawatan estetika seperti pemasangan behel tidak ditanggung, ya.
  • Persalinan, baik normal maupun bedah sesar.
  • Perawatan untuk pencegahan penyakit serius, misalnya imunisasi atau skrining kanker.

 

Tidak Merepotkan Keluarga

Memiliki asuransi kesehatan pribadi, artinya kamu sudah siap dengan rencana finansial. Mengapa?

Saat kamu mendadak sakit dan harus dirawat, kamu cukup menunjukkan kartu kepesertaan asuransi, maka kamu sudah bisa memulai perawatan tanpa mengeluarkan uang satu rupiah pun.

Kamu tidak harus mengeluarkan uang tabungan untuk biaya rumah sakit, bahkan menggantungkan diri pada orang tua dan keluarga. Ini membuat beban keluarga menjadi lebih ringan, kan?

 

Bantu Mengatur Keuangan Lebih Disiplin

Dengan menjadi nasabah asuransi kesehatan artinya kamu berkewajiban membayar uang premi setiap bulannya, supaya manfaat proteksinya terus aktif. Artinya, hal ini akan membuatmu lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Selain pos untuk kebutuhan harian dan tabungan, akan ada alokasi rutin untuk asuransi kesehatan. Anggap uang premi ini adalah tabungan masa depan sebagai proteksi saat terjadi risiko kesehatan yang datang.

Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melindungi diri ini? Yuk segera siapkan masa depan finansial lebih stabil, dan dapatkan perlindungan penuh dari asuransi kesehatan!

Artikel Terkait


By Admin | 12 November, 2020

Praktis! Klaim Asuransi Kendaraan Etiqa Bisa Melalui Video Call

Read More

By Admin | 12 November, 2020

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Read More