Beli Online | Klaim Online

Mengenal 5 Jenis Sepeda dan Fungsinya


Sepeda | 27 January, 2021

Alternate Text

Senang rasanya, kini olahraga bukan hanya sebagai aktivitas untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh saja, namun sudah menjadi sebuah gaya hidup. Sekarang, hampir tiap hari kita akan melihat orang-orang berolahraga di luar setiap pagi. Ada yang jogging, sekadar jalan kaki, hingga bersepeda.

Nah, sepeda adalah salah satu jenis olahraga yang sedang naik daun belakangan ini. Terutama selama pandemi, penjualan sepeda di tanah air meningkat drastis. Lalu lintas di jalan tak hanya dipenuhi kendaraan bermotor saja, namun selama pandemi ini kita bisa melihat banyak pesepeda yang meramaikan jalan protokol.

Jenis sepedanya pun beragam. Ada yang senang menggunakan road-bike lengkap dengan kostum jersey, ada yang memilih sepeda hybrid, dan banyak juga yang menggunakan sepeda lipat karena lebih praktis dan lebih mudah dibawa jika ingin melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lain, misalnya dibawa ke dalam commuter-line.

Jadi bingung ya, pengin mulai bersepeda tapi harus pilih yang mana. Sebelum membeli, yuk kenali dulu 5 jenis sepeda ini:

1.Sepeda Gunung

Jenis ini termasuk yang paling populer di Indonesia, karena sangat fleksibel untuk melintas di berbagai medan. Mau lewat jalanan perbukitan, jalan berlubang, berlumpur, atau tipe jalan yang permukaannya tidak rata pun ayo aja. Jenis sepeda gunung memiliki suspensi yang empuk, sehingga tubuh tetap terasa nyaman meskipun lewat di jalanan yang tidak halus. Ciri lain dari sepeda gunung (mountain bike) yang bisa kamu kenali adalah memiliki rangka yang terbuat dari pipa berukuran besar, sehingga lebih kuat dan kokoh dibandingkan jenis sepeda lain. Ukuran rodanya juga lebih besar, yaitu 26" yang memiliki tapak ban cukup lebar dan ulir ban bergerigi seperti motor tail. Ulir ban bergerigi ini memiliki kemampuan khusus untuk mencengkeream tanah dan batu di daerah perbukitan supaya pengendara dapat lebih mudah menyeimbangkan sepedanya.

 

2.Sepeda Balap

Sesuai dengan namanya, jenis sepeda ini memang dikhususkan untuk balapan. Kalau kamu tertarik dengan sepeda ini, siap-siap mengeluarkan biaya lumayan karena sepeda harga sepeda balap cukup tinggi dibandingkan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan bahan rangka serta sparepart yang digunakan berkualitas dan berbobot sangat ringan sehingga ia mampu menghasilkan kecepatan tinggi di jalan raya.

Untuk mengenali sepeda balap sangat mudah, kamu cukup lihat bagian setir (handlebar) saja. Umumnya, setir pada sepeda balap berbentuk melengkung di bagian ujung. Tujuannya agar pengendara dapat merendahkan posisi badannya, supaya mendapat aerodinamis yang baik saat sepeda dalam kecepatan tinggi.

 

3. Sepeda Hybrid

Sepeda hybrid adalah perpaduan dari dua jenis sepeda, yakni sepeda gunung dan balap, yang sangat cocok dikendarai di jalan raya. Sekilas, bentuk rangka sepeda hybrid mirip dengan sepeda gunung. Sepeda jenis ini juga memiliki shock breaker pada roda bagian depan. Namun, yang membedakan dengan sepeda gunung adalah ukuran pipa dan rodanya, lebih mirip sepeda balap yakni 27". Bentuk ban juga mirip dengan sepeda gunung, yang memiliki permukaan sedikit bertekstur, dengan ukuran ban cenderung lebih lebar dibanding sepeda balap.

Tips buat kamu yang ingin membeli sepeda hybrid:

  • Untuk penggunaan sehari-hari, pilih sepeda hybrid ban tebal
  • Jangan lupa cek bagian rem, pilih yang performanya baik
  • Sebaiknya kamu langsung datang ke toko sepeda, dan lakukan test-drive
  • Tidak semua sepeda mahal cocok dan nyaman dikendarai, jadi tidak mengapa pilih yang terjangkau namun nyaman

 

4. Sepeda Lipat

Sepeda lipat adalah favorit hampir sebagian besar orang, karena dari segi bentuk dan fungsinya lebih mudah. Sepeda ini memiliki engsel pada bagian rangka sehingga memungkinkan untuk dilipat menjadi lebih ringkas.

Jika diperhatikan, sepeda lipat banyak digunakan mereka yang tinggal di perkotaan. Bukan tanpa alasan loh, ukuran yang terbilang lebih ringkas membuat sepeda ini bisa dibawa ke dalam transportasi umum. Sehingga bukan tanpa alasan banyak pengendara sepeda lipat memilih untuk menggunakan multi moda transportasi. Berangkat dari rumah naik sepeda menuju stasiun transportasi terdekat, untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju tempat kerja. Bagaimana tidak, sepeda ini memiliki ukuran rangka dan diameter ban lebih kecil berkisar 16 atau 20 inci sehingga mudah dibawa bepergian kemana saja.

 

5. Sepeda BMX

Sepeda BMX adalah salah satu olahraga yang populer pada tahun 1960-an di Amerika Serikat. Dari sejarah nama, BMX kependekan dari Bicycle Moto Cross yang bisa digunakan utuk balapan dengan mengombinasikan atraksi ekstrem yang seru dan menegangkan.

Jadi, kalau kamu ingin mengembangkan bakat dan skill melakukan atraksi sepeda, jenis BMX perlu dipertimbangkan, nih.

Artikel Terkait


By Admin | 06 May, 2021

Premi MURAH, Manfaat BERLIMPAH

Read More

By Admin | 22 March, 2021

3 Alasan Kita Wajib Punya Tabung Pemadam Kebakaran di Rumah

Read More