Beli Online | Klaim Online

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat


Kesehatan | 12 November, 2020

Alternate Text

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memiliki benefit untuk menanggung biaya tagihan rumah sakit, seperti biaya pemeriksaan kesehatan, operasi, bahkan rawat inap dan ICU, serta perawatan medis lainnya yang disebutkan di dalam polis. Perusahaan asuransi yang menerbitkan polis asuransi kesehatan dapat menanggung biaya yang timbul dari perawatan medis yang dilakukan.

Siapa Saja yang Harus Punya Asuransi Kesehatan?

Pada dasarnya, setiap orang harus sudah punya asuransi kesehatan. Pasalnya, biaya medis terbilang mahal, terlebih jika harus rawat inap atau harus melakukan perawatan medis tertentu. Jangan sampai tagihan rumah sakit akan mengambil dana tabungan hingga mengganggu kondisi finansial Anda.

Tentunya Anda sudah sering mendapat tawaran untuk mendaftar asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan, namun hati rasanya belum sreg untuk mulai memiliki asuransi kesehatan. Mungkin juga dalam hati sudah terpikir untuk mulai memiliki asuransi kesehatan, namun dengan banyaknya informasi yang disampaikan agen, sehingga Anda kurang begitu memahami apa sebenarnya benefit yang akan didapat dari menjadi nasabah asuransi kesehatan.

Nah, ini lah sikap yang harus kita ubah. Sebelum menentukan mana produk asuransi yang akan dipilih, kita harus selektif dan aktif bertanya kepada masing-masing agen, benefit apa saja yang ditawarkan. Bahkan Anda juga harus menanyakan besar nominal yang akan didapatkan selama menjadi nasabah asuransi kesehatan tersebut.

Mengapa disebutkan kalau dengan memiliki asuransi kesehatan akan meminimalisir kerugian finansial, mengapa begitu?

Semua orang tentunya ingin tetap sehat, namun penyakit bisa datang kapan saja tanpa direncanakan. Saat kondisi ini terjadi, kita harus siap untuk melakukan perawatan medis hingga kondisi kesehatan membaik dan pulih. Perawatan medis yang harus dijalani bermacam, untuk kondisi ringan kita hanya memerlukan rawat jalan saja. Namun untuk kondisi yang serius lainnya dan perlu perawatan lanjutan, pihak rumah sakit tentunya akan menyarankan beberapa tes kesehatan hingga menentukan apakah perlu rawat inap atau tidak.

Biaya rumah sakit terbilang tidak murah, loh. Ditambah dengan pembelian obat serta untuk beberapa kasus tertentu akan diperlukan cek laboratorium. Jika tidak punya asuransi, maka Anda mau tidak mau harus mengeluarkan biaya dari dompet sendiri, bahkan dengan terpaksa harus ambil dari dana tabungan. Padahal tabungan ini sudah khusus dikumpulkan untuk dana liburan, biaya nikah bahkan dana pendidikan anak-anak. Di sisi lain, kalau sudah terdaftar sebagai nasabah asuransi kesehatan, Anda cukup menunjukkan kartu kepesertaan saja dan Anda bisa langsung mendapatkan perawatan tanpa harus mengeluarkan dana pribadi.

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Banyaknya tawaran yang datang dari perusahaan asuransi pastinya membuat kita pusing harus memilih yang mana. Jangan khawatir, sebelum memutuskan pastikan Anda sudah mengumpulkan semua informasi mengenai produk yang ditawarkan. Berikut tips memilih asuransi kesehatan agar sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Asuransi Kesehatan Murni

Saat ini banyak asuransi yang menawarkan gabungan dengan unit-link asuransi jiwa. Untuk asuransi kesehatan, pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang berdiri sendiri. Mengapa? Jika jenis asuransinya gabungan dalam unit-link, premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi, baru lah terakhir premi digunakan untuk asuransi kesehatan. Porsi untuk perlindungan kesehatan menjadi lbeih kecil, sehingga untuk mendapat plafond lebih tinggi tentunya Anda akan membayar premi lebih mahal.

  1. Asuransi Kesehatan Keluarga

Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga, pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan keluarga, dengan pertimbangan:

  • Premi keluarga lebih murah
  • Fasilitas sistem cashless untuk keluarga
  • Benefit bagus untuk anak-anak, karena pengeluaran pengobatan anak biasanya lebih besar
  1. Cashless

Setiap perusahaan asuransi akan menawarkan benefit berbeda dalam pembayaran pertanggungan, apakah cashless atau reimbursement. Sebaiknya pilih sistem cashless saja, sehingga penggantian klaim menjadi lebih mudah. Mengapa? Agar saat masuk rumah sakit, Anda tidak perlu melakukan pembayaran. Cukup gesek kartu asuransi untuk menyelesaikan tagihan.

Lain halnya dengan reimbursement, saat masuk rumah sakit Anda tetap harus membayar di muka, dan kemudian melakukan reimbursement dengan perusahaan asuransi untuk mendapat penggantian dana.

  1. Jaringan Rumah Sakit Luas

Satu hal penting yang harus menjadi pertimbangan saat memilih perusahaan asuransi adalah jaringan rumah sakitnya. Pastikan Anda sudah mendapatkan daftar rumah sakit rekanan yang mudah dijangkau dan memiliki track record yang baik. Jaringan rumah sakit menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan agar Anda lebih mudah mendapatkan perawatan medis di mana saja, saat diperlukan.

  1. Prioritaskan Rawat Inap

Biaya perawatan kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Saat memilih asuransi kesehatan, fokuskan untuk mendapatkan pertanggungan biaya rawat inap yang lebih tinggi, karena biasanya rawat inap adalah pengeluaran yang paling besar jika dibandingkan rawat jalan.

  1. Premi dan Plafond yang Sesuai

Tingginya plafond asuransi kesehatan akan berbanding lurus dengan besaran nominal premi yang dibayarkan. Makin mahal harga kamar rumah sakit yang dipilih, maka semakin tinggi premi yang harus dibayarkan. Meskipun idealnya kita pasti menginginkan perawatan dengan pelayanan ternyaman.

Dalam hal ini, sesuaikan besaran premi dengan kemampuan finansial Anda, ya. Jangan sampai memberatkan kondisi keuangan. Jika hanya mampu untuk plafond kamar rumah sakit kelas satu, tidak mengapa. Pada dasarnya kualitas pelayanan rumah sakit akan sama untuk setiap pasien.

Tips terpenting saat memilih produk asuransi kesehatan adalah selalu melakukan survey dan mengenal setiap perusahaan asuransi: apa saja benefit yang ditawarkan, sistem pembayaran pertanggungannya, rumah sakit rekanan, dan semua poin lainnya yang berkaitan dengan perawatan medis. Pastikan Anda mendapatkan manfaat terbaik dan paling sesuai, ya.

Artikel Terkait


By Admin | 12 November, 2020

Praktis! Klaim Asuransi Kendaraan Etiqa Bisa Melalui Video Call

Read More

By Admin | 02 November, 2020

Manfaat Penting Asuransi Kesehatan Buat Kamu

Read More