Beli Online | Klaim Online

5 Alasan Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak


Asuransi Kendaraan | 01 March, 2021

Alternate Text

Asuransi Mobil menawarkan manfaat yang cukup membantu bagi pemiliknya, mulai dari penggantian kerugian akibat kerusakan, tindak kejahatan, pencurian, hingga bencana alam dan banjir. Manfaat Asuransi Kendaraan tidak berhenti sampai di sini, namun juga termasuk memberikan jaminan Asuransi Kecelakaan Diri bagi pengemudi dan penumpang serta fasilitas mobil derek gratis saat mengalami kondisi darurat di jalan.

Sebagai pemilik polis Asuransi Mobil, penting untuk kamu pahami isi polis secara menyeluruh. Deskripsi bab klausul mengenai kondisi apa saja yang dijamin dan risiko apa yang tidak dijamin, serta dokumen apa saja yang diperlukan jika suatu saat nanti harus mengajukan klaim.

Jangan sampai nanti pengajuan klaim ditolak karena ditemukannya beberapa hal yang tidak sesuai dengan perjanjian yang sudah disetujui. Jangan kesal dulu, kemungkinan 5 hal ini penyebab klaim asuransimu ditolak:

  • Polis Tidak Aktif

Jika kamu sudah memiliki Asuransi Kendaraan, pastikan status polismu aktif. Ada beberapa alasan yang mengakibatkan polis mati atau tidak atif, misalnya telat membayar premi hingga melewati masa tenggang (umumnya maksimal 45 hari sejak tenggat pembayaran terakhir). Dalam kondisi ini, artinya proteksi asuransimu sudah tidak berlaku sehingga penjaminan juga berhenti.

 

  • Lewat Batas Waktu

Poin utama yang harus diingat adalah batas waktu pengajuan klaim yang cukup pendek, yaitu paling lambat 3x24 jam sejak kejadian. Jika lebih dari itu, pengajuan klaim akan ditolak. Jadi, jika kamu mengalami kerusakan atau kejadian yang mengakibatkan kerugian pada mobilmu, jangan tunda lagi. Segera hubungi perusahaan asuransimu untuk mengajukan klaim penggantian, ya!

 

  • Kerusakan Terjadi Sebelum Masa Asuransi

Saat kamu melaporkan kerusakan, pastikan ini terjadi setelah polis asuransi aktif, ya. Untuk tujuan inilah proses klaim memerlukan survey terhadap kendaraanmu. Jika nanti perusahaan asuransi menemukan data bahwa kerusakan sudah dialami sebelum asuransi aktif, maka pengajuan klaim akan ditolak. Hal ini sangat wajar, mengingat proteksi mulai aktif sejak periode aktif asuransi dimulai, bukan sebelum pembelian premi.

 

  • Dokumen Tidak Lengkap

Wajib hukumnya untuk memahami tahapan pengajuan klaim, untuk mempermudah kamu saat nanti melakukan klaim penggantian. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penolakan dan proses yang bisa jadi tertunda lama akibat tidak lengkapnya persyaratan yang diperlukan.

Di semua produk asuransi, sebagai nasabah kamu akan diminta mengisi formulir saat mengajukan klaim. Selanjutnya, untuk validasi kamu juga diwajibkan untuk melampirkan dokumen pelengkap seperti fotokopi identitas, polis asuransi dan jika diperlukan kamu akan diminta melampirkan foto kendaraan. Pastikan kamu sudah melengkapi semua dokumen, agar proses klaim bisa dilanjutkan, ya.

 

  • Klaim Tidak Tercantum dalam Klausul

Polis asuransi berisi poin-poin kesepakatan mengenai kriteria apa saja yang masuk dan dikecualikan dalam tanggungan asuransi. Sebagai nasabah pemegang polis Asuransi Mobil, kamu wajib memahami ini sehingga nanti saat pengajuan klaim bisa mengklasifikasikan risiko mana yang termasuk dalam polis.

Kalau sudah memahami isi polismu, pastinya kamu juga akan lebih mudah saat membuat pengajuan klaim. Apa saja yang sekiranya masuk ke dalam tanggungan, dan kondisi apa yang tidak termasuk jaminan. Melengkapi dokumen juga semakin mudah, karena semua sudah dipersiapkan sejak awal. Jika persyaratan sudah lengkap, pastinya proses klaim akan semakin cepat!

Artikel Terkait


By Admin | 22 March, 2021

3 Alasan Kita Wajib Punya Tabung Pemadam Kebakaran di Rumah

Read More

By Admin | 04 March, 2021

5 Tanda Kamu Beneran Sayang & Merawat Mobilmu

Read More