Beli Online | Klaim Online

Risiko Apa Saja yang Dijamin Oleh Asuransi Kendaraan?


Kendaraan | 22 July, 2020

Alternate Text

Sepenting apa sih asuransi kendaraan untuk memproteksi mobil? Apakah hanya pelengkap saja atau sudah merupakan kewajiban?

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, asuransi kendaraan bersifat sangat penting untuk mengurangi risiko yang muncul, sebagai akibat dari kerusakan mobil hingga tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga  ketika pemilik menggunakan kendaraannya.

Bagi sebagian orang, memiliki asuransi dirasa tidak terlalu penting, terlebih ketika kendaraan tersebut baru saja dibeli. Mereka beranggapan bahwa mesin mobil baru pasti masih berfungsi dengan sangat baik, sehingga mampu meminimalisir risiko seperti kerusakan atau kecelakaan. Anggapan ini bisa dibenarkan, namun ada berbagai risiko lain yang patut diwaspadai sebagai pemilik kendaraan bermotor, misalnya kehilangan atau banjir yang sering terjadi di kota besar.

Nah, untuk risiko seperti ini sebaiknya mobil Anda, baik baru maupun lama wajib mendapatkan perlindungan asuransi. Mengapa? Coba bayangkan kalau mendadak mobil mengalami kerusakan karena kecelakaan, atau terendam banjir saat musim hujan tiba? Jika tidak menggunakan asuransi, biaya perbaikan atau penggantian yang harus Anda bayarkan akan lebih besar. Beda halnya jika sudah menggunakan asuransi kendaraan, perusahaan asuransi akan memberikan pertanggungan atas risiko yang Anda alami ini. Dengan manfaat ini lah, asuransi kendaraan akan membantu kita menyelamatkan kondisi finansial pada kondisi tertentu.

 

Berbagai Risiko yang Dijamin Asuransi Kendaraan:

Kerusakan karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok

Dalam polis asuransi kendaraan akan disebutkan untuk jaminan kerusakan kendaraan karena berbagai penyebab, mulai dari tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau saat mobil terperosok. Kejadian-kejadian ini akan menjadi pertimbangan perusahaan asuransi untuk membayarkan klaim kepada Anda yang mengalaminya. Perlu diketahui bahwa seluruh kejadian ini harus terbukti karena murni kecelakaan, bukan karena kesengajaan atau kesalahan pengemudi.

 

Perbuatan Jahat

Saat Anda mengalami akibat dari perbuatan jahat, misalnya pencurian spion atau body mobil yang dicoret atau dilukai, dan kerusakan lain yang disebabkan oleh orang lain maka semua kejadian ini akan ditanggung oleh asuransi kendaraan.

 

Kehilangan Karena Pencurian

Selain kerusakan, asuransi kendaraan juga menjamin risiko kehilangan karena pencurian, di mana Anda akan mendapatkan jaminan penggantian ganti rugi karena kejadian ini. Pencurian di sini termasuk pencurian yang didahului atau disertai/diikuti dengan kekerasan, atau ancaman kekerasan.

 

Kerusakan Karena Kebakaran

Saat Anda mengalami kecelakaan atau tabrakan yang mengakibatkan kerusakan mobil, ini akan dijamin oleh asuransi. Begitu pula dengan kerugian yang Anda alami akibat kebakaran, asuransi kendaraan juga akan memberikan pertanggungan. Dalam hal ini, kebakaran termasuk di dalamnya:

  • Kebakaran sebagai akibat dari terbakarnya benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan kendaraan bermotor.
  • Kebakaran akibat sambaran petir.
  • Kerusakan karena air dan/atau alat-alat lain yang digunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran.
  • Dimusnahkannya seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran itu.

 

Kerusakan Kendaraan Saat Berada di Atas Kapal

Asuransi kendaraan menjamin kerugian dan/atau kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan saat kendaraan berada di atas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan badan resmi. Kerugian dalam hal ini termasuk kerusakan yang diakibatkan kapal bersangkutan mengalami kecelakaan.

 

Jaminan Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga

Jika pemegang polis terlibat kecelakaan yang menimbulkan kerugian pada pengendara lain, maka asuransi kendaraan sebagai Penanggung akan memberikan ganti rugi atas:

Tanggung jawab hukum pemegang polis (sebagai Tertanggung) terhadap kerugian yang diderita pihak ketiga, di mana disertai dengan adanya tuntutan dari pihak ketiga kepada Tertanggung mengenai kerugian tersebut, baik penyelesaiannya melalui proses musyawarah, mediasi, arbitrase atau pengadilan, dengan syarat telah mendapat persetujuan tertulis dari Penanggung yaitu:

- Kerusakan atas harta benda

- Biaya pengobatan, cidera badan dan/atau kematian

- Biaya perkara atau biaya bantuan para ahli yang berkaitan dengan tanggung jawab hukum Tertanggung, dengan syarat mendapat persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penanggung.

 

Dengan rangkaian manfaat yang diberikan asuransi kendaraan, tak ada alasan lagi untuk menunda proteksi untuk mobil Anda, kan? Mulai perlindungannya sekarang untuk benefit di kemudian hari, agar mengurangi kerugian yang akan timbul.

 

Beli premi asuransi kendaraan saat ini juga lebih mudah dan praktis, bahkan bisa dilakukan dari rumah. Anda bisa akses ke www.etiqa.co.id untuk dapat beragam fasilitasnya sekarang, yuk!

 

Artikel Terkait


By Administrator | 04 August, 2020

Asuransi Kecelakaan Diri, Manfaatnya Untuk Apa?

Read More

By Administrator | 04 August, 2020

Asuransi Property All Risk (PAR) dan FLEXAS, Apa Bedanya?

Read More