Beli Online | Klaim Online

Cara Ampuh Mengusir Tikus Dari Kap Mesin Mobil


Tips & Trik | 30 June, 2021

Alternate Text

Bangun tidur pagi hari, berjalan ke garasi niat mau manasin mobil, tapi ada yang aneh... Mesin gak mau nyala. Padahal, baru berapa bulan lalu servis rutin di bengkel. Kagetnya!

Pas buka kap mesin, ada kabel-kabel yang hampir putus. Kalau lihat dari bekasnya, ini sih gigitan tikus. Duh...

Hewan pengerat yang satu ini memang seringkali usil dan membuat kita jengkel dengan ulahnya. Gak di dapur, lemari, tanaman di taman habis digigit, sekarang mereka masuk ke dalam kap mobil. Kabel pun jadi sasaran empuknya.

Dari kejadian ini, kita jadi tahu kalau ruang mesin mobil pun perlu perhatian khusus ya, teman-teman. Kabel-kabel dalam mobil serta komponen yang terbuat dari plastik dak karet sangat digemari tikus. Rusaknya kabel dapat mengakibatkan korsleting pada mesin, sehingga mobil akan mengalami kerusakan berat dan tidak bisa dikendarai.

Tenang, jangan kesal dulu. Setelah membersihkan bekas jejak hewan pengerat ini dari dalam mobil, yuk lakukan cara ampuh berikut ini untuk mengusir tikus:

 

  1. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Ada berapa jumlah mobil di rumah? Apakah semuanya rutin dikendarai setiap hari, atau ada jenis khusus yang keluar di acara tertentu saja? Apa pun jenis dan merknya, baik dikendarai setiap hari atau jarang, memanaskan mesin mobil setiap hari hukumnya wajib, ya.

Perlu teman-teman ketahui, ruang mesin yang minim cahaya adalah tempat persembunyian favorit para tikus, lho. Terlebih jika mobilnya jarang digunakan. Yuk, cukup 3-5 menit menyalakan mesin mobil setiap hari akan menjauhkan tikus dari ruang mesin mobil di rumah.

  1. Pasang Kapur Barus

Modal goceng buat usir tikus!

Benda ajaib ini tak hanya ampuh mengusir bau kurang sedap di dalam lemari, namun aroma tajam yang dihasilkan kapur barus dibenci serangga bahkan tikus.

Yang bisa teman-teman lakukan adalah menyebar serpihan kapur barus ke seluruh bagian mobil, termasuk kolong kursi, balik karpet, ruang mesin, sampai ke semua sudutnya.

Kapur barus termasuk metode yang paling aman dibandingkan racun tikus. Benefitnya adalah tidak hanya tikus yang akan kabur, namun segala jenis serangga tak akan mau mampir ke mobil.

  1. Hindari Parkir Mobil Di Dekat Selokan atau Semak-Semak

Tentu kita tahu kalau tikus senang menempati ruangan lembab, kotor dan minim pencahayaan. Sudah pasti kita sering menemukan para tikus berseliweran di area selokan.

Langkah pencegahan supaya tikus tidak bersarang di dalam mobil adalah memilih tempat parkir di area yang bersih, lapang, dan jauh dari selokan atau semak-semak yang menjadi tempat favoritnya.

Bagaimana kalau carport di rumah berdekatan dengan selokan? Tenang.. Teman-teman bisa gunakan kawat berjaring untuk menutup bagian atas selokam supaya tikus tidak bisa pindah ke dalam mobil, ya.

  1. Pembersihan Rutin

Sebelum tikus dan serangga senang bersarang di dalam mobil, langkah pencegahan terbaik yang wajib dilakukan adalah rutin mencuci serta membersihkan mobil. Pastikan tidak hanya bagian luar saja yang dibersihkan, namun interior hingga semua sudut dalam mobil juga wajib mendapat perhatian.

Vakum adalah perabot yang wajib dimiliki untuk membersihkan interior mobil, yang bisa menyedot kotoran sampai ke sudut terdalam.

Pastikan tidak ada kotoran atau sisa makanan yang menempel dalam mobil. Jika ada bagian mesin yang kotor, segera bersihkan untuk mencegah tikus datang. Untuk membersihkan bagian ruang mesin, teman-teman bisa manfaatkan sikat kecil atau kuas, ya.

  1. Memasang Lampu LED Low Voltage di Dalam Ruang Mesin Mobil

Tikus sangat senang berada di tempat yang lembab dan kotor, namun mereka akan menjauhi area yang wangi, bersih dan bercahaya terang.

Ruang mesin mobil memang menjadi tempat favorit tikus untuk bersembunyi, karena cenderung gelap dan tidak tersentuh cahaya. Lalu, bagaimana caranya supaya tikus tidak bersarang di sini? Membuka kap mobil juga tidak akan menjadi solusi, karena justru cara ini akan membuka celah bagi para tikus untuk masuk.

Tenang, teman-teman bisa menambahkan lampu LED dalam ruang mesin, kemudian nyalakan saat mobil tidak digunakan. Tentunya disarankan pilih lampu yang memiliki voltase kecil saja, supaya tidak makan aki terlalu besar.

Jika teman-teman sudah lelah menghadapi tikus yang hobi bersarang di dalam mobil, ayo coba cara-cara tersebut. Selain membuat tikus pergi, mobil akan terjaga kebersihan dan tetap wangi.

Mobil wangi, mood pasti jadi lebih baik. Berkendara juga akan terasa lebih nyaman kalau mobilmu sudah terlindungi penuh dari risiko kerusakan atau tidak kejahatan yang mungkin terjadi. Teman-teman wajib nih tambahkan proteksi Asuransi Kendaraan! Benefitnya mulai dari jaminan akibat kebakaran, kerusakan, pencurian, hingga bencana alam. Yuk, daftar sekarang di  https://buy.etiqa.co.id/motor

Artikel Terkait


By admin | 24 August, 2021

Perbaikan Mobil Lebih Cepat Pakai Fast Track Claim

Read More

By Admin | 10 August, 2021

5 Tips Penting Saat Membeli Asuransi Kecelakaan Diri

Read More