Beli Online | Klaim Online

Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO


Jenis Asuransi | 23 November, 2022

Alternate Text

Pilih yang Mana? Asuransi All Risk atau TLO?

Saat memutuskan membeli kendaraan roda empat, artinya pemilik memiliki tanggung jawab atas kendaraannya tersebut. Tidak hanya terbatas pada perawatan rutin dan taat pajak, namun ada satu hal penting yang wajib diperhatikan oleh pemilik, yaitu kepemilikan asuransi.


Jika membeli kendaraan secara tunai, penjual mungkin tidak mewajibkan untuk mendaftarkan asuransi, namun jika pembelian melalui perusahaan pembiayaan atau leasing, maka pembeli akan diharuskan untuk menambahkan asuransi. Mengapa?


Perusahaan pembiayaan tentunya memiliki kewaspadaan terhadap unit yang dikreditkan, terutama dari kejadian yang tidak terduga, seperti kerusakan kecil, kecelakaan, tabrakan, bahkan kehilangan. Jika diasuransikan, saat mengalami kejadian ini tentu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan.


Nah, yang menjadi kebingungan pemilik baru kendaraan adalah saat dihadapkan oleh pilihan jenis asuransi yang akan dipilih: Comprehensive/All Risk atau Total Loss Only (TLO)? Keduanya sama-sama memberikan perlindungan terhadap kendaraan, namun
ada poin perbedaan jaminan yang ditanggung. Apa saja? Berikut adalah perbedaan Asuransi Comprehensive/All Risk dan TLO:


Comprehensive

Banyak pihak yang menyebut dengan istilah All Risk, padahal istilah yang tepat adalah Comprehensive. Yaitu asuransi kendaraan yang memberikan pertanggungan untuk kerusakan yang terjadi, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga tindak pencurian. Contohnya perbaikan spion karena terserempet kendaraan lain, dikategorikan sebagai kerusakan ringan dan pemilik polis asuransi kendaraan dapat membuat pengajuan klaim atas kerusakan ini.


Total Loss Only (TLO)
Secara harfiah, Total Loss berarti kehilangan total. Menurut Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), yang dimaksud kehilangan total adalah jika biaya perbaikan atas kerugian tersebut nilainya sama atau lebih dari 75% dari harga kendaraan sebelum terjadinya kerugian. Hal yang sama jika kendaraan hilang karena tindak pencurian.


Jika Anda memiliki polis asuransi TLO, maka kerusakan ringan misalnya spion patah, atau mobil baret, tentunya tidak ditanggung oleh asuransi, karena jaminan TLO adalah untuk kerusakan/kehilangan total.


Selain manfaat utama tersebut, pemilik kendaraan dapat menambahkan jaminan juga, sehingga perlindungan terhadap kendaraannya lebih luas. Apa saja?
● Bengkel Authorised
● Perlindungan pengemudi dan penumpang
● Tanggung jawab hukum pihak ketiga
● Banjir, termasuk angin topan
● Huru hara dan kerusuhan
● Terorisme dan sabotase
● Gempa bumi


Jadi, sebagai pemilik kendaraan, mana yang harus dipilih? Apakah Comprehensive atau TLO saja?


Pilihan ini dikembalikan kepada kebutuhan pemilik kendaraan, ya. Namun jika kendaraan Anda berusia 1-10 tahun, disarankan memilih Comprehensive supaya jaminannya menyeluruh. Diskusikan dengan perusahaan asuransi penerbit polis Anda untuk pilihan terbaik.


Bagaimana jika saya ingin mendaftar polis Asuransi Kendaraan Etiqa?


Caranya mudah banget! Saat ini Anda bisa membeli polis secara online pada WEBSITE ETIQA. Setelah mengisi data, team kami akan menjadwalkan survey terhadap kendaraannya, melalui video call. Setelah survey selesai, maka polis akan dikirimkan melalui email. Praktis, tidak perlu ketemuan !

Artikel Terkait


By Admin | 31 October, 2022

Asuransi Kecelakaan Diri: Lebih Murah dari Asuransi Jiwa

Read More

By Admin | 19 May, 2022

Asuransi Motor Roda Dua: Benefit Optimal, Tapi Sering Dilupakan

Read More